REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU SOCIETY 5.0

REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU SOCIETY 5.0 DAN CALON EMPAT BESAR DUNIA
Oleh: Eman Sukanto
Auditor & Dosen, Anggota IAI Jateng & CA Indonesia
 
Profesor Yandika Arkeman, dari IPB menulis di Republika, bahwa saat ini di Jepang telah diluncurkan konsep society 5.0. Konsep ini adalah penggunaan teknologi digital maju hasil Revolusi Industri 4.0 secara masif di semua bidang kehidupan masyarakat. Penggunaan artificial intelligence, blockchain, robotic, internet of things, big data, dan pendukung digital lainnya secara masif akan berdampak terhadap kesejahteraan bersama, siapapun punya peluang untuk maju. Revolusi industri 4.0 dimulai di Jerman dan sampai saat ini terus berkembang diadopsi hampir semua negara termasuk Indonesia. Industri 4.0 didorong oleh 4 hal. Pertama data, komputasi, koneksi. Kedua analisis data dan intelijen. Ketiga interaksi manusia dan mesin. Keempat konversi digital ke fisik. Keempatnya biasa disebut teknologi enabler, jika digabung akan membentuk industri pintar.
 
REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU SOCIETY 5.0Salah satu keunggulan industri 4.0 adalah kolaborasi. Seorang inovator dimanapun dapat berkolaborasi dengan pihak manapun guna menghasilkan inovasiinovasi baru yang bernilai tambah dan tentunya lebih efisien dan bermanfaat bagi orang banyak. Menjadi unik, karena kolaborasi ini tidak mengharuskan sering bertemu apalagi menjadi team permanen karena didukung empat hal di atas. Misalnya hari ini mahasiswa senior akuntansi berkolaborasi dengan mahasiswa elektro serta engineer pabrikan merk mobil merancang standard costing mobil listrik masa depan yang sesuai dengan demografi Indonesia. Bulan depan dia berkolaborasi dengan mahasiswa pertanian dan ahli dari kementerian pertanian berkolaborasi menghitung standard costing per hektar tanam padi organik unggul. Mahasiswa akuntansi dan IT dapat bermitra dengan auditor BPK, ahli digital kepolisian dan KPK merancang menu software forensic audit yang canggih yang bisa mengungkap kejahatan keuangan yang paling rumit sekalipun. Bisa juga team collaborative workforce bentukan perguruan tinggi dan kantor pajak membuat aplikasi untuk mendeteksi dan mencegah penghindaran pajak secara internasional pada ekosistem global dan digital.

Implementasi sistem informasi terutama yang fokus pada keuangan sektor publik dan forensic accounting yang canggih di era digital akan menciptakan sistem keuangan negara lebih efisien, penggunaan dananya akan termonitor real time sampai detil detilnya bahkan menjadi informasi yang transparan. Sebuah cara menuju zero corruption, karena orang akan berpikir sekian kali sebelum melakukan korupsi.
 
Selengkapnya INDUSTRI-4.0-SOCIETY-5.0-DAN-4-BESAR-DUNIADownload

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.